Berburu Oleh-Oleh di Kota Solo

Sebagai kota yang memiliki berbagai keunikan budaya dan sejarahnya, Kota Solo memang selalu memikat para wisatawan untuk berkunjung kesana. Apalagi jika berbicara mengenai wisata belanja dan wisata kulinernya, Kota Solo memang juaranya. Bagi para wisatawan yang ingin mengeksplor Kota Solo, disarankan agar Anda datang di bulan Februari saja.

Pasalnya, di bulan Februari Pemerintah Kota Solo akan menggelar acara Solo Great Sale (SGS) di setiap tahunnya. Jika Anda tertarik, Anda bisa memanfaatkan sewa apartemen di Solo sebagai akomodasi penginapan selama berlibur di Kota Solo.

Berburu Oleh-Oleh di Kota Solo

Tak sulit untuk mencari sewa apartemen di Solo, karena hunian vertikal juga sudah mulai menjamuri sudut kota yang terkenal dengan budaya Jawa yang masih kental ini. Berlibur akan sangat identik dan dekat dengan oleh-oleh, ketika Anda berada di Solo jangan sampai Anda pulang dengan tangan hampa alias tidak membawa oleh-oleh bagi rekan dan keluarga.

Tak perlu khawatir akan kebingungan mencari oleh-oleh yang memiliki khas Solo, karena di kota ini amat kaya dengan keragaman oleh-oleh dan cendera mata unik. Berikut ada beberapa sentra atau tempat yang bisa Anda kunjungi ketika mencari oleh-oleh di Kota Solo.

Yang pertama, mungkin Anda bisa berkunjung ke Pasar Gede yang letaknya tidak begitu jauh dari Gedung Graha Sabha Buana tempat di mana anak Presiden Republik Indonesia ke-7 menikah. Anda memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk ke pasar yang berlokasi di Jalan Jenderal Urip Sumoharjo, Jebres, Kota Surakarta ini. Kabarnya Pasar Gede masuk dalam jejeran wisata belanja yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan, karena Anda dapat menemukan beragam kuliner dan oleh-oleh legendaries khas Kota Solo.

Anda bisa membeli oleh-oleh tradisional khas Solo seperti keripik goring, keripik paru sapi, keripik ceker ayam, keripik usus ayam, dan masih banyak lagi di Pasar Gede ini. Anda pun diperbolehkan para penjual untuk mencicipi beragam oleh-oleh tersebut sebelum membelinya, hal ini dilakukan agar Anda tidak kebingungan akan membeli yang mana.

Anda juga bisa mengunjungi Kampung Batik Laweyan yang berada di pusat Kota Solo, usahakan ketika Anda mencari sewa apartemen di Solo carilah apartemen yang lokasinya berada di pusat kota agar Anda dapat mudah mengakses berbagai tempat. Perlu Anda ketahui bahwa Kampung Batik Laweyan ini merupakan salah satu tempat dimana berkumpulnya para pengrajin batik Solo yang hasil karyanya sudah terjual di seluruh Indonesia. Anda tak hanya akan menemukan banyak butik-butik di dalam sana, tetapi juga menemukan berbagai home industry batik disana. Tak hanya dapat membeli batik khas Solo dengan harga yang lebih terjangkau saja, Anda juga dapat melihat langsung hingga belajar membuat batik di Kampung Batik Laweyan.

Jangan lupa pula untuk mengunjungi Pasar Klewer yang merupakan salah satu ikon wisata belanja khas Solo. Anda dapat menemukan pasar yang menjual berbagai macam oleh-oleh khas Solo ini di Jalan Dr. Radjiman No. 5A, Gajahan, Kota Surakarta. Tak hanya menjual produk batik saja, di Pasar Klewer ini Anda juga bisa menemukan berbagai jajanan oleh-oleh yang dapat menjadi buah tangan seperti dodol, bakpia, keripik bayem, belut goreng, keripik tempe sagu, dodol, ampyang jahe, dan berbagai lainnya. Perlu diperhatikan pula bahwa Pasar Klewer ini hanya buka pada pukul 08.00 hingga pukul 17.00 saja.