2 Jenis Nasi Tumpeng Di Indonesia, Tumpeng Tradisional Dan Tumpeng Modern

Tumpeng Tradisional Dan Tumpeng Modern – Tumpeng merupakan salah satu makanan tradisional yang unik. Karena penyajian nasinya berbeda dengan makanan lainnya, nasi pada tumpeng akan dibuat seperti gunungan yang dikelilingi oleh beragam sayur dan lauk-pauk. Nasi yang digunakan bisa berupa nasi kuning, nasi putih ataupun nasi uduk.Tumpeng merupakan makanan dari adat Jawa yang biasanya digunakan untuk merayakan momen-momen penting.Hampir semua masyarakat Indonesia mengenal tumpeng karena memang makanan yang satu ini tidak hanya digunakan oleh masyarakat Jawa namun juga dari masyarakat adat lainnya.

Bentuk nasi yang seperti gunungan menggambarkan kondisi geografis dari Indonesia terutama Pulau Jawa yang memiliki banyak gunung berapi.Asal muasal tumpeng sendiri adalah pada jaman dahulu saat Indonesia masih memiliki banyak kerajaan Hindu, tumpeng digunakan untuk memuliakan gunung yang dipercaya sebagai tempat arwah leluhur berada.Bentuk gunungan nasi pada tumpeng dibuat seperti kerucut menyerupai gunung Mahameru yang dipercaya sebagai gunung tempat bersemayam dewa dan dewi Hindu.

Karena tumpeng tidak hanya berupa nasi saja tapi ada lauk-pauk dan sayur, maka tumpeng Nasi Tumpeng Jakarta Utara cocok sekali untuk digunakan dalam berbagai jenis acara yang ada, entah acara modern maupun acara tradisional.

  1. Tumpeng tradisional

Tumpeng pungkur

Tumpeng pungkur memang berbentuk seperti gunungan, namun gunungan tersebut terbelah menjadi dua dan diposisikan saling membelakangi atau ungkur-ungkuran dalam bahasa jawanya.Lauk yang digunakan juga tidak pedas, kemudian ada urap.Tidak ada kangkung, daun jlengor ataupun kecambah seperti tumpeng lainnya.Tumpeng pungkur biasanya digunakan sebagai ucapan perpisahan antara orang yang masih hidup dengan orang yang sudah meninggal.Tumpeng ini memiliki makna agar terbebas dari segala pengaruh jahat dan diharapkan hidup dengan tentram.

  1. Tumpeng modern

Tumpeng ulang tahun

Tumpeng modern bentuknya tidak berupa gunungan, namun bentuknya bisa bermacam-macam disesuaikan dengan selera.Anak-anak pasti lebih suka tumpeng dalam bentuk karakter-karakter kartun yang disukainya daripada bentuk gunungan yang lebih tradisional.Anda bisa menemukan banyak tempat yang menjual tumpeng modern berbagai bentuk di internet.